Kamis, 14 Januari 2016

KEKUATAN LENSA

KEKUATAN LENSA

Untuk menyatakan daya kumpul dan daya sebesar satu lensa orang mengunakan istilah kuat lensa (p) didefinikan sebagai kebalikan dari jarak fokus.
Untuk lensa cembung (konvergen) benilai positif (fokusnya positif) kuat lensanya positif dan untuk lensa cekung (divergen) bernilai negative (fokusnya negative) kuat lensanya juga negative. Semakin besar kuat positif semakin daya kumpul lensa itu dan semakin besar kuat lensa negative semakin kuta daya sebaranya.Satuan kuat lensa adalah dioptri jika f dinyatakan dalam m.

Lensa Gabungan
Suatu lensa gabungan merupakan dari dua lensa atau lebih yang disusun berdekatan sekali (d = 0) dengan sumbu utamayang berdekatan sama lain. Anggap dua buah lensa dengan jarak f1 dan f2 diletakan berdekatan sekali d = 0. Sebuah benda diletakan pada jarak s1dari lensa pertama.Menurut rumus pembuatan lensa kita dapat menghitung jarak bayangan s’1.

Setiap manusia memiliki alat optik tercanggih yang pernah ada, yaitu mata.Mata merupakan bagian dari pancaindra yang berfungsi untuk melihat.

Mikroskop
Mikroskop dalam bahasa Yunani: micron = kecil dan scopos = tujuan. Mikroskop adalah alat yang digunakan untuk melihat benda-benda kecil agar tampak jelas dan besar. sebuah. Ilmu yang mempelajari benda kecil dengan menggunakan alat ini disebut mikroskopi, dan kata mikroskopik berarti sangat kecil, tidak mudah terlihat oleh mata.

Teropong (Teleskop)
Teropong atau teleskop adalah alat yang digunakan untuk melihat benda-benda yang jauh agar tampak lebih jelas dan dekat. Dengan cara mengumpulkan radiasi elektromagnetik dan sekaligus membentuk citra dari benda yang diamati. Teleskop merupakan alat paling penting di dalam ilmu astronomi.Teleskop dapat memperbesar ukuran sudut benda, dan juga kecerahannya.


1.      Penerapan Alat Optik Mata
Orang dapat melihat segala keindahan di dunia ini dengan menggunakan alat optik mata.Penggunaan alat optik mata untuk melihat.
2.      Penerapan Alat Optik Kamera
Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menjumpai orang mengabadikan suatu peristiwa dengan cara mengambil gambar peristiwa tersebut. Pengambilan gambar dilakukan dengan alat optik kamera.Kamera yang digunakan untuk mengambil gambar bisa kamera dengan film atau kamera tanpa film (digital).
3.      Penerapan Alat Optik Lup
Penerapan lup (Kaca Pembesar) dalam Kehidupan Sehari-hari Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering melihat orang sedang memperbaiki komputer dengan menggunakan alat optik lup (kaca pembesar) untuk melihat komponen elektronik yang kecil-kecil itu.Alat ini sering digunakan untuk melihat tulisan atau gambar yang kecil.
4.      Penerapan Alat Optik Mikroskop
Pada penelitian dalam bidang biologi, farmasi, medis,dan sebagainya, sering digunakan mikroskop untuk mengamati benda-benda yang tidak mungkin dapat dilihat dengan mata telanjang.
5.      Penerapan Alat Optik Teleskop

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering melihat orang yang berekreasi membawa teleskop (teropong).Alat ini sering digunakan untuk melihat pemandangan yang jauh agar tampak lebih dekat

0 komentar:

Posting Komentar